Lupa password kunci layar di smartphone Android? Ini solusinya!

Lupa password kunci layar di smartphone Android? Ini solusinya!
Untuk meningkatkan keamanan smartphone Android, banyak pengguna yang memasang password untuk kunci layar berupa pola. Cara ini dianggap lebih mudah dari pada harus membuat password berupa PIN atau sandi.

Sayangnya, tidak sedikit yang sering melupakan password pola yang mereka pakai untuk membuka kunci layar smartphone mereka. Hal ini tentunya, sangat berbahaya. Apalagi bila tidak ditangani dengan benar, pengguna bisa saja tidak sengaja melakukan aktivasi ulang atau 'factory reset' yang bisa berujung pada hilangnya semua data.

Untungnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk membuka kunci layar di smartphone Android meski telah melupakan pola password.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba memasukkan password pola tersebut sebanyak lima kali. Mengapa harus lima kali? Sebab, semua smartphone Android akan secara otomatis terblokir selama 30 detik saat pemiliknya salah memasukkan password sebanyak itu.

Saat smartphone Android sudah terblokir itulah, Anda bisa melihat opsi baru di layar bagian bawah yang bertuliskan 'Forgot Pattern' atau 'Lupa Password'. Nah, yang Anda perlu lakukan adalah memilih opsi tersebut.

Baca juga : Aplikasi Perekam Layar Android

Kemudian, secara otomatis smartphone akan meminta Anda untuk memasukkan data berupa akun Google dan password-nya. Apabila Anda sudah berhasil login pada akun Google Anda, maka secara otomatis Anda bisa kembali menggunakan smartphone Android Anda. Lalu, saat Anda membuat password pola baru pastikan Anda mencatatnya di sebuah kertas dan simpan di tempat yang aman.

Ya, syarat utama untuk membuka smartphone Android saat Anda melupakan password pola adalah menggunakan akun Google. Apabila Anda kebetulan juga lupa username dan password akun Google Anda, maka salah satu cara terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan 'factory reset'.

Oleh sebab itu, sebelum Anda memasang password pada smartphone Android, ada baiknya untuk melakukan back-up atau menyimpan data di perangkat lain agar ketika Anda terpaksa melakukan 'factory reset' seperti saat melupakan password kunci layar, Anda masih mempunyai data cadangan.

0 Response to "Lupa password kunci layar di smartphone Android? Ini solusinya!"

Poskan Komentar